BigHistorySite.com

Peringatan: Ini adalah terjemahan otomatis oleh mesin. Mungkin ada ketidakakuratan atau kelalaian.

kembali ke: halaman utama

 

Beberapa Model Dunia Sejarah dan Big Sejarah

oleh William McGaughey

Pengantar:

Ini adalah tentang sejarah pada tingkat tertinggi - yang mencakup jangkauan luas dari pengalaman. Ini digunakan untuk menjadi sejarah dunia, sejarah peradaban. Sekarang kita memiliki "sejarah besar" yang menggabungkan sejarah manusia dan alam. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk menemukan desain yang cocok untuk cerita sejarah dunia dan sejarah besar.

Sejarah dunia merupakan bagian penting dari sejarah besar karena ceritanya mencakup bagian dari apa yang sejarah besar termasuk. Ini adalah kisah budaya manusia, terutama peradaban. Dalam skema Keberadaan Tiga, itu akan mencakup cerita pemikiran, baik pemikiran manusia dan kecerdasan buatan. Oleh karena itu, studi tentang sejarah dunia relevan baik untuk sejarah besar dan untuk dirinya sendiri.

Sekali lagi, desain cerita adalah apa yang kita sedang mencari tahu dan mungkin meningkatkan dalam situs web ini. Kami ingin menulis sejarah dengan cara yang paling jelas dan paling bermakna. Sejarah tersebut adalah kisah penciptaan. Ini adalah kisah tentang bagaimana dunia kita datang untuk menjadi.

Mereka yang memiliki pengetahuan sejarah dapat menggunakan kecerdasan mereka untuk merancang sebuah cerita yang paling menggambarkan bagaimana dunia kita ini datang untuk menjadi. Namun, hal ini membantu untuk memiliki model yang ada cerita sebelum kami karena kami merenungkan pertanyaan ini. Tunas dunia atau sejarawan besar dapat memilih cerita atau kisah-kisah yang paling masuk akal sebagai titik awal untuk bekerja sendiri.

Kedua bidang yang relatif baru. Sejarah dunia, sementara membayangkan selama berabad-abad, tidak benar-benar menjadi terorganisir sebagai bidang studi sampai abad ke-20. Sejarah besar dimulai pada dekade terakhir atau dua abad itu.

Sekarang kedua bidang yang mapan. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat sejarah bidang penyelidikan kuat dan memperluas pengetahuan sebanding dengan dalam ilmu alam.

Sekarang, mari kita lihat beberapa model sejarah di kedua daerah.

Beberapa model dari sejarah dunia

Beberapa model yang ada dari sejarah dunia adalah sebagai berikut::

(a) I.S. Clare, Illustrated History Universal, yang diterbitkan pada tahun 1876,

(b) HG Wells 'An Outline of History, yang diterbitkan pada tahun 1920,

(c) William H. McNeill A Sejarah Dunia, yang diterbitkan pada tahun 1967,

(d) Manusia Arnold Toynbee dan Ibu Bumi, yang diterbitkan pada tahun 1976,

(e) William McGaughey Lima zaman Peradaban, diterbitkan pada tahun 2000, dan

(f) Peter N. Stearns 'Sejarah Dunia: Dasar, diterbitkan pada tahun 2011

 

A. Kisah desain untuk I.S. Clare, Illustrated History Universal, yang diterbitkan pada tahun 1876:

Daftar isi:

BUKU PERTAMA - SEJARAH KUNO

Usia awal - 1. sejarah Antedeluvian, 2. dispersi umat manusia

Negara oriental - 1. Cina, 2. India, 3. Asyur dan Babilonia, 4. Mesir, 5. Phoenicia, 6. Ibrani atau Israel, 7. Media dan Persia

Sejarah Yunani - 1. geografi Yunani kuno, mitologi Yunani 2., 3. periode legendaris Yunani, 4. periode pembuat hukum, 5. periode berkembangnya Yunani, 6. periode Macedonia

Sejarah Roma - 1. Italia kuno, 2. Roma di bawah raja, 3. republik Romawi, 4. kekaisaran Romawi (pemerintahan dari Caesars, lima kaisar yang baik, periode despotisme militer, terobosan barbar dan jatuhnya kekaisaran Romawi Barat)

BUKU KEDUA - THE MIDDLE USIA

Zaman kegelapan - 1. Italia dan kekaisaran Bizantium, 2. Angles dan Saxon di Inggris, 3. kekaisaran Saracen, 4. kerajaan Frank, 5. kerusakan barbar di Eropa

Lembaga-lembaga Eropa - 1. sistem feodal, 2. ksatria, 3. Kepausan dan hirarki, 4. monachism

Perang Salib - 1. perang salib pertama, 2. perang salib kedua, 3. perang salib ketiga, 4. perang salib keempat, 5. perang salib kelima, 6. perang salib keenam, 7. konsekuensi dari Perang Salib

Negara latin - 1. negara Italia, 2. kerajaan Perancis, 3. kerajaan Iberia

Negara Jerman - 1. kekaisaran Romawi Suci Jerman (penguasa Carlovingian dari Jerman, Jerman di bawah Saxon dan Frank kaisar, Jerman di bawah Hohenstauffens, peralihan, kaisar dari rumah yang berbeda, Jerman di bawah rumah Luxemburg, Jerman di bawah rumah Hapsburg), 2. Kerajaan Inggris (Inggris di bawah Saxon dan Denmark raja, Inggris di bawah dinasti Norman, Inggris di bawah Plantagenets, Inggris di bawah rumah Lancaster, Inggris di bawah rumah York, Inggris di bawah rumah Tudor, 3. kerajaan Skandinavia

Negara Slavia - 1. kerajaan Polandia, 2. kekaisaran Rusia atau Moskow

Negara tartrat - 1. Kerajaan Hongaria, 2. Mogul dan kerajaan Ottoman

Penemuan - penemuan penting 1., 2. laut-bagian dari India, 3. penemuan Amerika

BUKU KETIGA - SEJARAH MODERN

Abad keenam belas - 1. usia Charles V dan Henry VIII (perang antara Charles V dan Francis I, perang agama di Jerman, Reformasi di Inggris, Reformasi di kerajaan Skandinavia, Society of Jesuit, penaklukan Spanyol di Amerika, Persia dan India), 2. usia Phillip II dan Elizabeth (Spanyol dan Portugal, perang kemerdekaan di Belanda, perang sipil dan agama di Perancis, Elizabeth dari Inggris dan Mary dari Skotlandia)

Seventeen abad - 1. tiga puluh tahun perang (penyebab dan asal perang, periode Palatine, periode Denmark, periode Swedia, Perancis periode perang), 2. revolusi Inggris (Inggris di bawah rumah Stuart, Persemakmuran Inggris, rumah dipulihkan Stuart), 3. perang dari Louis XIV (Perancis di bawah Richelieu dan Mazarin, pemerintah dan perang dari Louis XIV) 4. koloni Anglo-Amerika (Virginia, Massachusetts, New York, New Hampshire, Maryland , Connecticut, Rhode Island, Delaware, North dan South Carolina, New Jersey, Pennsylvania, Georgia)

Abad kedelapan belas - 1. usia Peter Agung dan Charles VI (perang suksesi Spanyol, perang utara, urusan umum Eropa, Persia dan India), 2. usia Frederick Agung dan Catherine II (perang suksesi Austria, tujuh tahun perang, 3. perang kolonial Anglo-Perancis (pemukiman Perancis di Amerika Utara, perang KingWilliam ini, perang Ratu Anne, perang Perancis dan India, perang revolusi Amerika), 4. revolusi Perancis (penyebab revolusi, periode Majelis Nasional Perancis, Republik Perancis di bawah Konvensi Nasional, Republik Perancis di bawah Direktorat)

Abad kesembilan belas - 1. pemerintah dan perang Napoleon Bonaparte (Napoleon sebagai konsul pertama dari Republik Perancis, Napoleon sebagai kaisar Perancis, Bourbon dipulihkan dan seratus hari) 2. revolusi politik di Eropa kondisi Eropa setelah jatuh Bonaparte, revolusi Eropa 1820 dan 1821, revolusi Yunani, revolusi Eropa 1830 dan 1831, reformasi Inggris, perang sipil Spanyol dari 1833-1839, perselisihan di kerajaan Turko-Mesir, pertumbuhan kerajaan Anglo-India, revolusi Eropa 1848 dan 1849), 3. perang terbaru dan revolusi (kudeta Louis Napoleon, perang Krimea, pemberontakan Sepoy di British India, perang Italia, revolusi Italia 1860 dan 1861, revolusi Yunani 1861, pemberontakan Polandia 1 862-1864, Rusia emansipasi budak, perang Schlewig-Holstein dari tahun 1864, perang tujuh minggu, reformasi Inggris, revolusi Spanyol dari tahun 1868, perang Franco-Jerman, revolusi Italia 1870, sipil Prancis perang tahun 1871, revolusi Spanyol dari tahun 1873, urusan terbaru dari negara-negara Eropa) 4. republik Amerika Spanyol (perang Amerika Spanyol kemerdekaan, Amerika Selatan sejak revolusi, republik Amerika Serikat dari Meksiko)

SEJARAH PERTAMA SERATUS TAHUN KEMERDEKAAN AMERICAN

American Revolution, (penyebab revolusi, perang kemerdekaan Amerika, konstitusi Amerika Serikat), 2. serikat Amerika tumbuh (administrasi Washington, administrasi John Adams ', administrasi Jefferson, administrasi Madison, administrasi Monroe, John Quincy administrasi Adams, administrasi Jackson, Van Buren administrasi, Harrison dan administrasi Tyler, administrasi Polk ini), 3. Perbudakan agitasi dan Perang Saudara (, administrasi Pierce, administrasi Buchanan, administrasi Lincoln, administrasi Johnson, administrasi Taylor dan administrasi Fillmore Grant), negara-negara baru, retrospeksi sejarah, pameran seratus

Bagaimana cerita terungkap:

Satu pemberitahuan bahwa ini "universal" sejarah mempertahankan skema tiga bagian tradisional dari sejarah Barat di mana cerita ini diceritakan dari "sejarah kuno", "abad pertengahan", dan "sejarah modern". Dua buku berakhir, "usia awal", dan "sejarah seratus tahun pertama dari Amerika Serikat", mengelilingi cerita utama. Satu harus diingat bahwa buku ini diterbitkan pada tahun 1876 ketika Pameran Centennial Amerika Serikat itu diadakan di Philadelphia. Tampaknya sejarah yang secara keseluruhan mencapai puncaknya dalam acara itu.

Buku ini sebagian besar merupakan sejarah politik. Ini adalah kisah tentang dinasti dalam negara dan kerajaan yang ada di berbagai kali. Roma adalah, tentu saja, kerajaan besar masyarakat Barat secara keseluruhan. Sejarah kuno berakhir ketika Kekaisaran Romawi Barat jatuh 476 AD Tapi Yunani klasik adalah pendahulu budaya budaya Romawi sehingga sejarahnya juga diberikan banyak ruang. Pada tingkat lebih rendah, sejarah Alkitab dari orang Israel juga perhatian manfaat sebagai orang yang berkembang di zaman kuno.

Sejarah abad pertengahan menyangkut lanskap politik setelah kekaisaran Romawi barat jatuh. Suku-suku barbar yang menggulingkan Roma dibahas dalam bagian ini. Jadi adalah Muslim yang menciptakan sebuah kerajaan besar selama ini serta dinasti kekaisaran Frank. Agak seperti biasanya, sejarah abad pertengahan juga termasuk lembaga-lembaga sosial seperti ksatria dan sistem feodal. Tujuh Perang Salib dipanggil oleh Paus terhadap penguasa Islam dari Yerusalem juga mendapat perhatian. Selain ini, sejarah abad pertengahan sebagian besar merupakan serangkaian sejarah dinasti di Italia, Perancis, Jerman, Inggris, dan Eropa Timur. Pelayaran Portugis dan Spanyol penemuan menandai transisi ke zaman modern.

Sejarah modern memiliki struktur aneh berdasarkan kronologi: tanggal 16, 17, 18, dan ke-19. Abad ke-16 dibentuk oleh perjuangan antara Spanyol dan Inggris raja (Charles V dan Henry VIII) dan penerus langsung mereka, Philip II dan Elizabeth I. abad ke-17 yang dibentuk oleh 30 tahun perang, revolusi Inggris, perang yang melibatkan Perancis Raja Louis XIV, dan koloni Amerika Inggris. Abad ke-18 dibentuk oleh serangkaian perjuangan militer: perang suksesi Spanyol, perang suksesi Austria, tujuh tahun perang, perang kolonial Inggris-Perancis, dan revolusi Perancis.

Kisah Perancis kaisar Napoleon dimulai abad ke-19. Bagian yang tersisa dari abad ini didominasi oleh berbagai revolusi politik, reformasi, atau perang sipil, dan oleh peristiwa politik di koloni Amerika Spanyol. Sejarah Amerika Serikat, dimulai dengan perang Revolusi Amerika, sebagian besar kisah administrasi presiden berturut-turut.

Terlepas dari peristiwa politik Eropa dan Amerika, sejarah ini merasa berkewajiban untuk memasukkan sesuatu tentang awal masyarakat manusia di bawah judul "sejarah antedeluvian", yang berarti sebelum banjir yang selamat Nuh. Setelah banjir, manusia kembali memenuhi bumi. Semua narasi Bibel ini tercakup dalam satu halaman. Sejarah masyarakat nonwestern seperti Cina, India, Assyria, Babilonia, Mesir, dan Fenisia akan dibahas dalam lima halaman. Manfaat sejarah Israel lima halaman; dan sejarah Persia kuno, satu halaman.

Jika peristiwa-peristiwa penting dalam masyarakat nonwestern di zaman kuno diabaikan dalam sejarah universal, pemerintahan 25 kaisar Romawi yang berbeda yang berlangsung dari 180 AD ke 364 AD akan dibahas dalam bagian delapan halaman berjudul "periode despotisme militer". Konstantinus Agung, seorang tokoh penting dalam sejarah kekristenan, termasuk di antara kelompok kaisar. Manfaat karirnya satu halaman.

 

B. Kisah desain untuk HG Wells 'An Outline of History, yang diterbitkan pada tahun 1920

Daftar isi:

I Bumi dalam waktu dan space

II Catatan dari rocks

lll Seleksi alam dan perubahan species

IV Invasi darat oleh life

V Perubahan dunia climate

Vl Usia reptiles

Vll The usia mammals

VIII The keturunan laki-laki man

IX Neanderthal, sebuah race

X punah Para pria Palaeolithic kemudian postglacial, pertama benar pria men

XI Neolitik di Europe

XII Awal pikir

Xlll The ras mankind

XIV Bahasa dari mankind

XV Masyarakat Arya-berbicara dalam prasejarah times

XVl pertama bangsa civilizations

XVll Laut dan perdagangan peoples

XVlll Writing

XIX Dewa dan bintang, imam dan kings

XX budak, budak, kelas sosial, dan bebas individuals

XXI kitab suci Ibrani dan prophets

XXII-orang Yunani dan Persians

XXlll Yunani berpikir dan literature

XXIV Karir Alexander Great

XXV Ilmu dan agama di Alexandria

XXVl Munculnya dan penyebaran Buddhism

XXVll Dua Barat republics

XXVlll Dari Tiberias Gracchus untuk kaisar Allah dalam Rome

XXIX The Caesars antara laut dan dataran besar dari Old World

XXX Awal, meningkat, dan divisi Christianity

XXXL Tujuh abad di Asia (sekitar 50 SM AD 650)

XXXII Muhammad dan Arab Islam

XXXlll Kristen dan Crusades

XXXIV Kekaisaran besar Jengis Khan dan nya successors

XXXV The Renaissance dari barat Christendom

XXXVl Princes, parlemen, dan powers

XXXVll The republik demokratis baru Amerika dan France

XXXVlll Karir Napoleon Bonaparte

XXXIX Realitas dan imajinasi dari Nineteenth Century. Peningkatan pengetahuan dan pemikiran yang jernih. Fase nasionalis.

XL Bencana internasional 1914 dan penutupan periode kekuatan besar mendatang

XLL Man usia. Perjuangan kemungkinan untuk penyatuan dunia menjadi satu komunitas pengetahuan dan kemauan

Bagaimana cerita terungkap:

Outline dua volume Sejarah lebih dari sejarah dunia. Ini juga mencakup unsur-unsur dari Big Sejarah di pertama lima belas bab. Bab 1, 2, dan 5 secara singkat membahas pembentukan bumi sebagai planet dalam ruang dan sejarah geologi bumi sebagai peristiwa ini dikenal dalam waktu Wells '. Bab 3 sampai 7 menggambarkan perkembangan kehidupan di bumi. Bab 8 dan 9 memberitahu bagaimana manusia dan spesies Neanderthal berevolusi. Bab 10 melalui 15 prihatin dengan budaya prasejarah termasuk penduduk awal Eropa, ras manusia, bahasa, dan agama. Hal ini dengan pasal 16, berjudul "peradaban pertama", bahwa sejarah dunia tepat dimulai.

Sementara peradaban dari India dan China yang disebutkan, ini benar-benar sejarah dunia dari sudut pandang Eropa. Kami memiliki peradaban yang jauh dari Mesir, Mesopotamia, Assyria, dan Babylonia di latar depan. Kemudian datang peradaban klasik kuno: Yudea, Yunani, dan Roma. Kekaisaran Romawi barat runtuh dan gereja Kristen mengambil tempatnya. Agama Yesus bergerak ke tengah panggung. Sejarah milenium pertama Persia, Byzantium, Islam, India, dan China akan dibahas dalam satu bab berjudul "tujuh abad di Asia" (Bab 31) Ada tampaknya bias etnosentris dalam sejarah Wells ', meskipun kurang dari pada sebelumnya Model.

Bab 32 adalah tentang agama Islam; dan Bab 34, tentang kerajaan Mongol. Selain ini, Bab 33 dan Bab 35 melalui 40 hampir seluruhnya tentang masyarakat barat Eropa dan Amerika. Meskipun diskusi dari Renaissance dan Revolusi Industri, sejarah ini juga difokuskan terutama pada peristiwa politik. Perang Dunia I membawa sejarah ini berakhir. (Wells menerbitkan bukunya pada tahun 1920.) Bab menyimpulkan berspekulasi atas kemungkinan pemerintah dunia sebagai perangkat untuk mengakhiri perang. Wells conceives kemajuan dalam hal tersebut. Dia tidak menyibukkan diri dengan munculnya perusahaan-perusahaan atau budaya hiburan.

Sejarah ini, seperti orang lain, sebagian besar dalam urutan kronologis. Perang, migrasi, revolusi, dan peristiwa politik lainnya membuat sebagian besar dari cerita. Napoleon dan Alexander Agung (tetapi tidak Julius Caesar) tingkat bab terpisah. Meski begitu, Wells relatif sensitif terhadap isu-isu budaya seperti dampak tulisan atau ide-ide tertentu. Dia lebih cenderung untuk membahas kepribadian seperti Charlemagne dan Kaisar Frederick II. Ia kurang peduli dengan lembaga yang timbul dalam masyarakat atau dengan peristiwa di masyarakat nonwestern.

 

C. Kisah desain untuk William H. McNeill 's A History Dunia, yang diterbitkan pada tahun 1967

Daftar isi:

Bagian I Munculnya dan Definisi Mayor Eurasia Peradaban 500 SM

i. Pada awalnya - orang-orang yang paling awal, pengaruh ekologi, perubahan yang dibawa oleh pertanian, peradaban paling awal, penemuan Sumeria, menulis, irigasi, kekuatan militer dan monarki

ii. Difusi Peradaban: Tahap Pertama 1700 SM - Pastoralism, bajak, peradaban Mesir, Kerajaan Lama, Kerajaan Tengah, peradaban Indus, peradaban Mesopotamia, transisi ke tanah, peradaban laut ditanggung, Asia Tenggara dan Amerika hujan disiram

iii. Kosmopolitanisme di Timur Tengah 1700 - 500 SM - Teknik peperangan kereta, tiga kerajaan timur tengah, usia besi, efek dari zat besi, revolusi kavaleri, kekaisaran Persia, teknik kekaisaran, menulis abjad, munculnya monoteisme, awal Yudaisme, Zoroastrianisme

iv. Definisi Peradaban India 500 SM - Pergeseran ke Gangga, kasta, agama transendental, Veda dan Brahmana, Upanishad dan mistisisme, Jainisme dan Buddhisme

v. Definisi Peradaban Yunani untuk 500 SM - Negara kota, kolonisasi dan perdagangan, efek dari phalanx, dominasi polis dalam budaya Yunani, keterbatasan polis

vi. Definisi Peradaban Cina untuk 500 SM - Dinasti Shang, Dinasti Chou, Konfusianisme dan Taoisme

vii. Perubahan Barbarian Dunia 1700-500 SM - Mediterania, ke arah timur dari stepa, ringkasan

Bagian II Equilibrium antara Peradaban 500 SM - M. 1500

viii. The berbunga Yunani Peradaban 500 SM - AD 1500 - pengaruh perang angkatan laut Athena, zaman klasik, drama, filsafat; sains, retorika, sejarah; arsitektur dan patung, perubahan sosial setelah perang Peloponnesia

ix. Penyebaran Helenistik Peradaban 500 B.D. untuk AD 200 - penaklukan Macedonia, emigrasi Yunani, perubahan agama, ilmu dan seni Helenistik, munculnya Roma, kerusakan Republik, Hellenisme di kekaisaran Romawi, Kristen

x. Asia, 500 SM - AD 200 - kekaisaran Maurya dari India, penyatuan Cina, pemerintah di Asia Tengah, perubahan dalam peperangan dan perdagangan, perkembangan seni, baru kosmopolitan agama, penyakit dan kerajaan

xi. The berbunga dan Perluasan India Peradaban AD 200-600 - kekaisaran Gupta, sastra Sanskerta, seni Gupta, penyebaran Timur peradaban India, misi Buddhis ke Timur Jauh, pengaruh India pada barat

xii. Barbar Invasi dan beradab Response AD 200-600 - Hun dan stepa Barat, masyarakat stepa dari timur, reaksi terhadap barbar di Cina dan Iran, kekaisaran Sassania, agama Sassania, kekaisaran Byzantine, bid'ah dan ortodoksi

xiii. The Rise of Islam - kehidupan Muhammad, penaklukan Arab dan kekhalifahan Ommayad, kitab suci Islam dan hukum agama, kehidupan istana Arab dan budaya, kekaisaran Abbasiyah

xiv. China, India, dan Eropa AD 600 - 1000 - China, India, Eropa, awal dari feodalisme, pembusukan pembelajaran, ringkasan

xv. Dampak Turki dan Mongol Penaklukan 1000 - 1500 - infiltrasi Turki, penaklukan Mongol, kerajaan Ottoman, Islam-gerakan sufi, seni rupa, India - perubahan dalam agama Hindu, Cina - kemenangan tradisi

xvi. Abad pertengahan Eropa dan Jepang 1000 - 1500 - abad pertengahan Eropa, konsolidasi ekonomi Eropa, konsolidasi budaya, Jepang

xvii. The pinggiran dari Beradab Dunia 1500 - sub-Sahara Afrika, Amerika

Bagian III Dominasi Barat

xviii. The Great Penemuan dan Konsekuensi World-Wide mereka - pelayaran eksplorasi, revolusi harga, tanaman pangan Amerika, penyebaran penyakit, pengetahuan Eropa dan temu

xix. Eropa Diri Transformasi 1500 - 1648 - perkembangan politik, politik internasional, kolonisasi Eropa dan perdagangan, Renaissance, Reformasi, pertumbuhan ilmu pengetahuan, munculnya pluralisme budaya

xx. Eropa Outliers: Rusia dan Amerika 1500 - 1648 - kebangkitan Moskow, pengaruh Barat - kekacauan politik, pengaruh Barat - perubahan budaya, Spanyol Amerika, koloni Eropa lainnya

xxi. The Realm of Islam, dengan Hindu dan Komunitas Subjek Kristen, 1500 - 1700 - lingkup Islam pengaruh, terobosan perdagangan Eropa, pemberontakan Syiah, mundur intelektual dan artistik muka

xxii. The Far East, 1500 - 1700 - Ming dan dinasti Manchu di Cina, kemakmuran dan konservatisme di Cina, Hideyoshi dan shogun Tokugawa Jepang

xxiii. The Old Regime di Eropa 1648 - 1789 - ketergantungan pada profesi, perang terbatas, menyeimbangkan kepentingan internasional, parlementerisme Inggris, militerisme Prusia, kemajuan di bidang pertanian dan teknologi, matematika

dan ilmu; seni, klasik dan romantis; akar dominasi Eropa

xxiv. Amerika dan Rusia 1648 - 1789 - perbandingan antara Amerika dan Rusia, kompetisi untuk Amerika, kemegahan Spanyol Amerika, keterbelakangan dibandingkan prekositas di koloni, modernisasi Rusia, Rusia tiba sebagai kekuatan besar

xxv. Reaksi Asia ke Old Regime 1700 Eropa - 1850 - dunia Islam pada defensif, gerakan Wahhabi, kegagalan reformasi, kontrol Inggris dari India, Iran dan Turkestan, reformasi Hindu, Balkan Kristen, misi Kristen di Cina, membuka Cina untuk perdagangan Eropa, ketegangan sosial di Jepang

xxvi. Transformasi Peradaban Barat oleh Revolusi Industri dan Revolusi Demokratik 1789 - 1917 - tua memberikan cara untuk itu, revolusi industri baru, konsekuensi dari revolusi industri, revolusi demokratik di Perancis, revolusi demokratik di seluruh Eropa, yang disengaja sosial perubahan dan pemerintah populer, revolusi intelektual dan budaya, revolusi dalam seni

xxvii. Non-Barat Dunia Sejak 1850 - dua transformasi dunia, berdampak pada Afrika dan Oseania, peradaban Asia, reaksi Islam untuk dominasi Barat, orang-orang Kristen Balkan, Hindu, respon China untuk dominasi barat, westernisasi Jepang

xxviii. Dunia Barat Sejak 1917 - tantangan komunis, kacau liberalisme, gerakan neo-fasis, Perang Dunia II, konflik pasca-perang dan kerjasama


Bagaimana cerita terungkap:

William McNeill menulis pada saat sejarah Barat telah memberikan cara untuk sejarah dunia. Setelah Perang Dunia I, sejarawan Barat mulai menyadari bahwa sejarah lama umat manusia telah mengabaikan peristiwa penting dan perkembangan di dunia nonwestern dan mereka mencoba untuk memperbaiki situasi itu.

Meski begitu, McNeill A Sejarah Dunia mengkhianati sakit tumbuh. Tampaknya sejarah nonwestern telah ditambahkan ke model tradisional (barat) sejarah. Memang, Bagian III difokuskan pada Barat (Eropa) dominasi dunia.

Secara struktural, buku McNeill yang berjalan dengan daerah dan periode. Misalnya, Bagian I terlihat berturut-turut di perkembangan di Timur Tengah, India, Yunani, dan Cina sampai 500 SM sebelum barbar mengganggu pada masyarakat yang beradab. Kemudian, di Bagian II, McNeill membahas peristiwa di dunia Yunani-Romawi (tempat lahirnya peradaban barat) dari 500 SM 200 AD dan di India 200-500 AD invasi barbar antara 200 dan 600 AD dan kebangkitan Islam dijelaskan dalam bab terpisah. Kemudian datang sejarah China, India, dan Eropa antara 600 dan 1000 AD segmen lain, antara 1000 dan 1500 AD menyoroti Turki dan Mongol invasi, Eropa abad pertengahan dan Jepang, dan apa yang disebut "pinggiran dunia yang beradab" - Asia Tenggara, sub-Sahara Afrika, dan Amerika.

Bagian III menceritakan bagaimana, setelah 1500 AD, bangsa-bangsa Eropa pertama dieksplorasi dan kemudian menjajah bagian lain dari dunia. Fokus di sini adalah pada politik perkembangan (berpusat pemerintah) meskipun peristiwa non-politik seperti revolusi ilmiah dan industri, yang membantu menjelaskan dominasi Eropa, juga masuk sejarah ini, seperti halnya seni dan sastra prestasi oleh orang Eropa. Meskipun di luar Eropa Barat, Rusia dan Jepang mendapatkan bagian yang adil dari perhatian. Revolusi politik yang besar dari Amerika Utara, Perancis, dan Rusia antara 1776 dan 1917 adalah titik fokus dari sejarah ini.

Saya cenderung mengasosiasikan McNeill dengan praktek-praktek perdagangan, pertukaran budaya dan globalisasi. Beberapa yang ada di sini meskipun, untuk sebagian besar, A History Dunia adalah kumpulan sejarah daerah yang terpisah dalam periode diskrit waktu.

McNeill menulis dari "ketidakpastian dan terbuka endedness interaksi budaya antara umat manusia Barat dan non-Barat ... ada pasti akan pencampuran dan pembauran budaya, seperti selalu ada di masa lalu ... Namun, dalam waktu dekat komponen Barat campuran tampaknya tertentu untuk menjadi dominan. "Itu ditulis pada tahun 1965. Lima puluh tahun kemudian, pernyataan seperti itu akan dianggap baik tidak akurat dan politis tidak benar.

D. Kisah desain untuk Arnold Toynbee dunia sejarah, Manusia dan Ibu Bumi, yang diterbitkan pada tahun 1976:

Daftar isi:

1 Riddle di phenomena

2 The biosphere

3 Turunnya man

4 Oikoumene

5 Teknologi revolusi c. 70.000 / 40.000 SM - 3000 SM

6 Pembukaan-up dari Tigris-Efrat alluvium dan penciptaan Sumeria civilization

7 Pembukaan-up dari alluvium Nilotic dan penciptaan civilization Mesir fir'aun

8 Sumer dan Akkad, c. 3000-2230 SM

9 Firaun Mesir, c. 3000 - 2230 SM

10 Cakrawala ekumenis, c. 2500 - 2000 SM

11 dunia lama oikumene, c. 2140 - 1730 SM

12 Domestikasi kuda dan penemuan nomadisme pastoral di Eurasia steppe

13 Hubungan antara peradaban daerah, c. 1730 - 1250 SM

14 Volkerwanderung di dunia lama c. 1250 - 950 SM

15 Munculnya peradaban 'Olmec' di Meso-AmericaChapter wold

16 Sumero-Akkadia dan Mesir, c. 950-745 SM

17 Peradaban Suriah, c. 1191 - 745 SM

18 Peradaban Hellenic, c. 1050 - 750 SM

19 India (Hindu) peradaban, c. 1000 - 600 SM

20 The peradaban Cina, 1027-506 SM

21 Peradaban Meso-Amerika dan Andes, c. 800-400 SM

22 Pertarungan akhir militerisme Asyur, 745-605 SM, dan letusan kontemporer dari steppes

23 Buntut militerisme Asyur, 605-522 SM

24 Peradaban Hellenic, c. 750-507 SM

25 keberangkatan baru dalam kehidupan rohani, c. 600-480 SM

26 Kekaisaran Persia pertama, c. 550-330 SM

27 Konfrontasi antara kekaisaran Persia pertama dan dunia Hellenic, c. 499-330 SM

28 The Hellenic peradaban budaya prestasi, c. 478-338 SM

29 Buntut politik penggulingan Alexander dari kekaisaran Persia pertama, 329-221 SM

30 Perkembangan dan penyebaran peradaban Hellenic, 334-221 SM

31 Negara-negara berperang dari Cina, c. 506-221 SM

32 Filsafat bersaing Cina, 506-221 SM

33 Peradaban India, 600-200 SM

34 Perjuangan untuk penguasaan cekungan barat Mediterania, 600-221 SM

35 The Ch'in dan Han rezim kekaisaran Barat di Cina, 221 SM - 9 AD

36 The Mediterania cekungan, selatan-barat Asia, dan India, 221 SM - 48 AD

37 The Chinese, Kushan, Parthia, dan kerajaan Romawi, 31 SM - 220 AD

38 Interaksi agama dan filsafat di dunia lama oikumene, 334 SM - 220 AD

39 peradaban The Meso-Amerika dan Andes, c. 400 SM - 300 AD

40 ujung barat dunia lama oikumene, c. 220-395 AD

41 Peradaban India, c. 224-490 AD

42 Letusan Hun dari stepa Eurasia pada abad keempat dan kelima, AD

43 The Roman dan kerajaan Persia, c. 395-628 AD

44 Kristen Barat, 395-634

45 Pembentukan dan gangguan gereja Kristen, 312 - 657

46 Peradaban India, 490 - 647

47 Gangguan politik Cina dan penerimaan nya Buddhisme, 220 - 589

48 peradaban The Meso-Amerika dan Andes, 300 - 900

49 Nabi dan negarawan Muhammad, c. 570 - 632

50 Perluasan negara Islam, 633 - 750

51 Peremajaan kekaisaran Romawi Timur, 628 - 726

52 Kristen Barat, 634 - 756

53 Asia Timur, 589 - 763

54 di dunia Islam, 750 - 945

55 Peradaban Bizantium, 726-927 / 8

56 Kristen Barat, 756 - 911

57 Letusan Skandinavia, 793 - 1000

58 India dan Asia Tenggara, 647 - 1202

59 Asia Timur, 763 - 1126

60 The Meso-Amerika dan peradaban Andes, c. 900 - 1428

61 dunia Islam, 945 - 1110

62 dunia Bizantium, 927/8 - 1071

63 Kristen Barat, 911 - 1099

64 dunia Islam, 1110 - 1291

65 dunia Bizantium, 1071 - 1240

66 Kristen Barat, 1099 - 1321

67 Timur Asia, 1126 - 1281

68 The Mongol dan successors mereka

69 dunia Islam, 1291 - 1555

70 Ortodoks Timur Kristen, 1321 - 1563

71 Kristen Barat, 1321 - 1563

72 selatan timur-Asia, 1190 - 1644

73 Asia Timur, 1281 - 1644

74 Peradaban Meso-Amerika dan Andes, 1428 - 1519

75 The perpaduan dari oikumene, 1405 - 1652

76 Peradaban Barat, 1563 - 1763

77 Ortodoks Timur Kristen, 1556 - 1768

78 dunia Islam, 1555 - 1768

79 Asia Timur, 1644 - 1839

80 The biosfer, 1763 - 1871

81 The biosfer 1871 - 1973

82 A retrospeksi pada tahun 1973

Bagaimana cerita terungkap:

Arnold Toynbee menceritakan kisah peradaban manusia dengan cara yang aneh. Sebagai skema bab menunjukkan, cerita dasarnya dalam urutan kronologis tetapi bergeser dari satu tempat ke tempat lain. Itu karena kisah peradaban bukanlah perkembangan peradaban tunggal tetapi beberapa orang yang berbeda yang dipisahkan secara geografis dan budaya satu sama lain.

Dimulai dengan Mesopotamia (Sumeria) dan Mesir, kami pindah ke beberapa budaya yang berbeda di milenium pertama SM: Yudea, Yunani, India, Cina, dan budaya New World of Amerika tengah dan selatan. Setiap tempat membutuhkan bab terpisah untuk memberitahu sejarahnya selama periode waktu tertentu.

Kemudian fokus sejarah dunia bergeser ke agama dan kerajaan politik. Asyur, Persia, Yunani, dan Romawi kerajaan masing-masing mengambil giliran di tengah panggung. Bab 37 menceritakan bagaimana empat kerajaan yang didominasi Dunia Lama sampai awal abad ketiga Masehi Setelah Roma jatuh di barat, timur (Bizantium) Roma dan Sasania Persia terkunci dalam pertempuran fana sampai tentara Islam mengancam baik. Cina Sementara itu mengembangkan kerajaan lebih tahan lama, atau serangkaian kerajaan, dimulai pada abad ketiga SM Letusan Hun dan suku-suku lain di pertengahan milenium pertama Masehi mengakhiri usia kerajaan politik.

Bab 25, "Departures Baru dalam Kehidupan Spiritual", memperkenalkan usia agama. Buddha adalah pendiri pertama agama dunia; kemudian, Yesus dari Nazaret; dan akhirnya Muhammad, yang membawa agama monoteistik ke Arab. Agama-agama yang berbeda kemudian dikembangkan struktur kelembagaan dan aliansi dibentuk dengan negara. Agama adalah kekuatan dinamis dalam budaya manusia selama ini. Sementara itu, kekaisaran Romawi timur, terkait dengan agama Kristen ortodoks, bertahan untuk seribu tahun ketika diserang oleh Muslim. Kerajaan kecil naik dan turun di Dunia Baru. Cina terpancar baik pengaruh politik dan budaya. India tetap agama dan politik dibagi sebagai raja muslim menyerbu dari utara. Pinggiran Asia timur dan tenggara jatuh di bawah baik pengaruh India atau Cina. Mongol mengancam beberapa komunitas yang beradab secara bersamaan.

Sejarah Toynbee demikian berfokus pada agama dan politik untuk gelar berlebihan, sebagian besar antara milenium SM ketiga dan pertengahan kedua milenium AD budaya Prasejarah tercakup dalam pasal 5 di bawah judul "revolusi teknologi, c. 70.000 / 40.000 SM - 3000 SM "Post-Renaissance Eropa tercakup dalam pasal 71 dan 76. Di sisi lain, Toynbee tidak bersusah payah untuk menjelaskan bagaimana manusia peradaban tertanam dalam biosfer dan rentan terhadap praktek-praktek yang merusak diri sendiri. Bab tentang hubungan manusia dengan "ibu bumi" mengelilingi bab-bab tentang peradaban seperti dua buku berakhir.

Toynbee mengatakan sedikit tentang lembaga komersial atau pendidikan dan apa-apa tentang budaya hiburan abad ke-20. Sejarahnya terikat ke dunia cetak daripada dunia komunikasi elektronik. Juga, sejarah dunia ini mengabaikan benua Afrika mungkin karena itu di pinggiran kerajaan politik dan keagamaan yang besar. Tidak seperti beberapa sejarah dunia lainnya, ada sedikit rasa kemajuan menuju akhir tertentu. Jika tidak, Manusia dan Ibu Pertiwi, adalah narasi komprehensif dan sangat informatif dari sejarah manusia.

 

E. Kisah desain untuk William McGaughey Lima zaman Peradaban, diterbitkan pada tahun 2000:

Daftar isi:

Bab 1 Dalam mencari pola dalam sejarah dunia - tentang pengetahuan sejarah, persaingan untuk ruang dalam buku-buku sejarah, contoh sejarah bias, populasi sebagai panduan untuk cakupan sejarah, sebuah divisi menjadi bagian-bagian, menuju definisi zaman, nonwestern sejarah masyarakat, sejarah agama, skema Hegel kemajuan sejarah, teori kekambuhan sejarah, sejarah Spengler, teori Toynbee peradaban, kritik terhadap skema Toynbee, unsur umum dalam budaya dunia, perubahan teknologi budaya sebagai panduan untuk unsur sejarah

Bab 2 Lembaga membedakan dalam masyarakat - analogi, pembagian ke dalam gips dan kelas, ringkasan sejarah ini, detasemen pemerintah di zaman dulu, detasemen agama dunia dalam masa kedua, detasemen pendidikan dan perdagangan di zaman ketiga, detasemen berita dan hiburan di zaman keempat

Bab 3 Kepribadian dan keyakinan - agama dalam arti luas, kepribadian dan keyakinan, agama primitif, agama dalam peradaban pertama, agama dalam peradaban kedua, agama dalam peradaban ketiga, agama dalam peradaban keempat, agama dalam peradaban kelima, mengubah Liburan

Bab 4 Sejarah singkat Peradaban I - zaman prasejarah, masyarakat beradab awal, kerajaan Mideastern pertama, invasi nomaden, militerisme di timur tengah, munculnya Roma sebagai kekuatan dunia, orang-orang Hun dan letusan Skandinavia, kelanjutan dari kekaisaran Romawi di timur, Parthia, Kushan, dan Sasania kerajaan, India, Cina, Asia timur dan tenggara, Amerika pra-Columbus

Bab 5 Sejarah singkat Peradaban II - perubahan dalam agama, monoteisme Ikhnaton dan Musa, pengaruh Zoroaster, Yahudi di bawah kekuasaan asing, awal Kekristenan, perkembangan gereja barat, kekuatan gereja Roma, Kristen ortodoks, kemudian Persia agama, agama Islam, kerajaan Islam, agama Hindu dan Buddha, penyebaran agama India atas tanah di luar India

Bab 6 Sejarah singkat Peradaban III - keadaan khusus: asalnya di Eropa, budaya agama pencairan, revolusi seeing, protes Luther, persaingan komersial antara bangsa-bangsa Atlantik utara, perdagangan kolonial, persaingan perdagangan di era industri, gerakan buruh, pendidikan, sejarah nasional, demokrasi dan revolusi, tersingkapnya kolonialisme Barat, materialisme dan disintegrasi

Bab 7 Sebuah sejarah singkat dari Civilization IV - berat terangkat dari pundak budaya kita, beberapa kesulitan dalam menceritakan sejarah ini, amatir dan profesional olahraga, hiburan lainnya di abad ke-19 Amerika, overtimes ras, penyanyi hitam putih rasa, produksi di panggung Broadway , film, siaran radio, televisi, siaran olahraga, perjudian, narrowcasting, hiburan yang dihasilkan komputer

Bab 8 Dampak teknologi budaya pada pengalaman publik - percakapan dengan Socrates, perubahan kualitatif dalam ekspresi, serangkaian teknologi budaya, budaya prasejarah dari memori, dua pendapat buta huruf, penulisan ideografik, bagaimana abjad menulis mungkin telah mengilhami kemajuan dalam filsafat dan agama, pencetakan dan penulis individu, dampak dari gambar elektronik, bentrokan pesan politik, yang ideal baru irama, link komputer

Bab 9 Sejarah singkat teknologi budaya - bagaimana menulis mulai, difusi penulisan ideografik, menulis abjad, menyebar dari script abjad, percetakan, fotografi, telegraf, telepon, gambar gerak, radio, televisi, komputer

Bab 10 Menggunakan sejarah dunia untuk memprediksi masa depan - mengapa sejarah tidak terulang, prediksi melalui analogi dengan budaya sebelumnya, beberapa pengamatan dari peradaban masa lalu, gerakan untuk sebaliknya, kepemimpinan politik disinkronkan, pengaruh perubahan peradaban, beberapa pertanyaan tentang proses ini, koneksi dengan struktur sosial, beberapa anomali, waktu peradaban baru, siklus hidup organik, kota emas, tanda-tanda budaya mempercepat, lingkungan contentiousness parokial dan kontak komersial, inovasi matematika dan komersial, persepsi dunia yang lebih luas

Bab 11 isyarat dari peradaban kelima - bentuk usia komputer, sifat komputer dan proyeksi terkait, implikasi kerja, pemodelan alam, menjual oleh komputer, pendidikan dan pelatihan, prediksi dengan analogi, cara-cara baru memutuskan untuk membeli produk komputer , mengajar komputerisasi, pengetahuan terasing dari pekerja, memikirkan kembali kuliah, ide universitas, pencarian diri definisi, kemungkinan bencana, peradaban Frankenstein


Bagaimana cerita terungkap:

Ini adalah buku sejarah dunia. Seperti dipahami disini, sejarah dunia adalah kisah peradaban. Ini tidak termasuk peristiwa yang terjadi sebelum masyarakat beradab muncul atau dalam masyarakat suku di luar peradaban. Hal ini juga tidak termasuk sejarah alam. Pada dasarnya, masyarakat beradab adalah mereka yang telah menulis bahasa. Sejarah adalah kisah kejadian yang diketahui dari catatan-catatan tertulis; dan sejarah dunia termasuk peristiwa yang terjadi di masyarakat melek huruf di seluruh bumi.

Buku tertentu ini menceritakan sejarah masyarakat beradab dalam pasal 4 sampai 8. Bab 11 melanjutkan cerita ke masa depan sejauh ini tidak diketahui pada saat penulisan. Bab 2 ini juga merupakan bagian dari sejarah; itu menggambarkan peristiwa pada awal setiap peradaban - kisah penciptaan mereka, sehingga untuk berbicara.

Sisa lima bab sekitar historiografi buku ini. Bab 1 membahas secara luas bagaimana sejarah dunia harus ditulis, menggunakan Toynbee sebagai ilustrasi utama. Bab 3 mengidentifikasi "agama" dari setiap peradaban. Kepribadian dan keyakinan dua aspek pokok agama. Bab 8 dan 9 menjelaskan peran "teknologi budaya" (teknologi komunikasi) dalam sejarah ini. Bab 9 menceritakan bagaimana teknologi tersebut diciptakan atau dikembangkan. Bab 8 menjelaskan hubungan antara teknologi dan lembaga dalam masyarakat. Bab 10 mencoba untuk memprediksi kapan sebuah peradaban baru akan muncul. Kondisi apa yang biasanya hadir?

Tapi, sekali lagi, cerita itu sendiri muncul dalam pasal 4 sampai 8, dengan pasal 11 menjadi antisipasi bagaimana cerita akan terus berlanjut. Pada bab, kita memiliki narasi peristiwa tentang perkembangan masyarakat dalam empat periode berturut-turut. Pasal-pasal menyerupai sebuah buku standar sejarah kecuali bahwa setiap bab difokuskan pada lembaga tertentu daripada totalitas peristiwa. Misalnya, pasal 4 adalah tentang lembaga pemerintah yang berpuncak pada kerajaan besar di pertama dua abad AD Bab 5 adalah tentang munculnya Buddha, Kristen, Islam, dan agama-agama lain maju.

di Lima zaman Peradaban, sejarah dunia dibagi menjadi lima periode atau zaman yang masing-masing terkait dengan sebuah peradaban. Peradaban pertama menggambarkan periode antara 3000 SM ketika masyarakat beradab muncul di Mesir dan Mesopotamia dan waktu Kristus. Peradaban kedua menjelaskan periode antara waktu Kristus dan 1500 AD ketika Reformasi Protestan berlangsung. Peradaban ketiga menggambarkan periode antara 1500 dan 1920 AD AD, setelah Perang Dunia I. peradaban keempat menggambarkan periode antara 1920 dan 2000 AD AD ketika Internet berangkat. Peradaban kelima yang dimulai pada abad ke-21 adalah usia yang masih berkembang didominasi oleh teknologi komputer.

Teknologi komunikasi memainkan peran kunci dalam membentuk peradaban berturut-turut. Setiap peradaban dimulai dengan sebuah teknologi baru yang menjadi mekanisme yang dominan dari komunikasi publik selama zaman tersebut. Dan, peradaban pertama dikaitkan dengan menulis, bentuk ideografik yang primitif; peradaban kedua, dengan tulisan abjad; peradaban ketiga, dengan pencetakan; peradaban keempat, dengan rekaman elektronik dan penyiaran; dan peradaban kelima, dengan komunikasi berbasis komputer seperti Internet.

Setiap jenis teknologi komunikasi mendorong pengembangan lembaga tertentu. Untuk peradaban pertama, adalah lembaga pemerintah; untuk peradaban kedua, agama dunia; untuk peradaban ketiga, perdagangan dan pendidikan sekuler; untuk peradaban keempat, berita dan industri hiburan; dan, untuk peradaban kelima, internet dan lembaga lainnya mungkin. Lembaga-lembaga yang berurutan masing-masing menjalankan kekuasaan di masyarakat. Meskipun salah satu yang terbaru adalah dominan, mereka bekerja dalam kombinasi dengan satu sama lain untuk menghasilkan masyarakat yang semakin pluralistik di mana kekuasaan dibagi. Sejarah setiap zaman menggambarkan perebutan kekuasaan dan kegiatan lainnya yang melibatkan berbagai lembaga.

Jenis sejarah dunia ini dimaksudkan untuk menjadi kisah penciptaan tentang berbagai lembaga yang telah muncul dari waktu ke waktu dalam masyarakat kita sangat kompleks. Ini bukan sejarah peristiwa politik atau kronik negara besar seperti beberapa sejarah yang. Ceritanya tidak terbatas pada sejarah orang-orang Barat. Itu tidak menjelaskan mengapa beberapa orang lebih kuat atau lebih berhasil dari yang lain. Sebaliknya, menggunakan aspek kembar teknologi komunikasi dan lembaga fungsional sebagai kerangka untuk membuat sejarah. Ini berfokus sejarah pada kondisi obyektif lebih dari beberapa orang lain. Meskipun buku ini menegaskan bahwa sejarah bangsa terpadat harus menerima bagian yang adil mereka ruang dalam buku-buku sejarah dunia, juga mengarahkan perhatian yang lebih besar terhadap peristiwa dan perkembangan yang menciptakan dunia modern kita.

Menjadi kisah penciptaan, Lima zaman Peradaban membayar perhatian khusus pada pengalaman formatif dari lembaga tertentu di zaman pembangunan awal. Misalnya, karena agama dunia "melepaskan" dari matriks sosial di zaman kedua sejarah dunia untuk menjadi lembaga yang kuat, sejarah zaman ini difokuskan pada agama secara eksklusif. Meskipun agama terus dalam bentuk sepenuhnya dikembangkan di zaman berikutnya, ceritanya tidak berlanjut ke periode waktu. Hal yang sama berlaku dari pemerintah sehubungan dengan zaman dulu; perdagangan dan pendidikan sehubungan dengan zaman ketiga, dll Kekuatan sejarawan untuk memilih peristiwa penting karena itu difokuskan pada penciptaan lembaga dalam masyarakat daripada beberapa aspek lain dari pengalaman manusia, yang mungkin menjadi faktor pembatas.

F. Peter N. Stearns 'Sejarah Dunia: Dasar, yang diterbitkan pada tahun 2011.

Tidak seperti orang lain, buku ini bukan sejarah dunia seperti tetapi sebuah buku tentang sejarah dunia. Namun, pasal dua, berjudul "A World History Skeleton", menceritakan bagaimana penulis berpikir kisah sejarah dunia harus diberitahu. Saya akan mengikuti ini "kerangka" mewakili desain Stearns 'sejarah dunia.

1. Tahap awal: 2,5 juta SM sampai 10 juta SM: Homo sapiens dikembangkan sebagai spesies dominan, menciptakan budaya manusia.

Sebuah. Teknologi dan migrasi: The manusia purba ditemukan alat-alat untuk membantu berburu dan memancing. Mereka bermigrasi dari Afrika ke bagian lain dari bumi.

b. Munculnya pertanian: Tumbuh keluar eksperimen perempuan dengan biji, pertanian pertama kali dikembangkan di daerah Laut Hitam dan kemudian menyebar ke bagian lain dari dunia. Ini dikembangkan secara independen di Cina dan Amerika Tengah.

c. Sifat masyarakat pertanian: Tidak seperti pemburu dan pengumpul, masyarakat pertanian yang tetap di tempat-tempat tertentu. Mereka mengembangkan surplus produksi yang memungkinkan beberapa untuk terlibat dalam pekerjaan lain. Hal ini menyebabkan pembentukan kota dan ketidaksetaraan kekayaan dan patriarchalism.

d. Peradaban: Peradaban ditandai dengan kota diberikan oleh kelebihan pertanian, dengan seni dan kerajinan, pemerintah formal, dan akuisisi menulis.

e. Lokasi: The peradaban awal yang terletak di lembah sungai di Mesopotamia, Mesir, India, dan Amerika Tengah, dan sering difasilitasi oleh proyek-proyek irigasi.

f. Lembah sungai peradaban: Masyarakat beradab mengembangkan sistem hukum, karya sastra dan seni, uang, rute perdagangan, teknik matematika, dan inovasi lainnya yang disajikan masyarakat berikutnya. Kota-kota yang dikembangkan lingkup pengaruh di sekitarnya.

g. Akhir periode peradaban awal: Sebagai kerajaan Mesir memudar dan masyarakat Lembah Indus menghilang, orang-orang Fenisia dan Yahudi di wilayah Mediterania koloni didirikan timur dan menciptakan agama monoteistik. Masyarakat Cina menjadi lebih terorganisir. Peningkatan penggunaan perang besi berubah.

2. Periode klasik, 1000 SM sampai 600 SM: Organisasi politik diperluas dalam kekuasaan dan ruang lingkup di Cina, India, Persia, dan wilayah Mediterania. Dengan kerajaan di Persia, Cina, dan Roma datang perbaikan internal seperti jalan, layanan pos, kanal, integrasi bahasa, dan pemerintah terpusat termasuk birokrasi.

Sebuah. Fitur khas: The masyarakat beradab terpisah mengembangkan tradisi inti mereka sendiri. Di India, tradisi ini didasarkan pada agama Hindu. Di Cina, pemerintah terpusat lebih penting. Peradaban klasik Yunani dan Roma menekankan politik serta filsafat, sastra dan seni. Peradaban Persia agama Zoroaster dicampur dengan prestasi artistik.

b. Kompleksitas dalam periode klasik: Butuh waktu untuk ini budaya yang terpisah untuk mengembangkan. Hal ini penting untuk tidak menyederhanakan. Pertumbuhan penduduk terjadi di semua wilayah. Ada hubungan perdagangan dan pertukaran budaya antara masyarakat dalam agama-agama yang terpisah. Jalan Sutra terhubung Cina dan Roma. Perdagangan laut yang terbawa melalui Samudera Hindia terhubung Roma dan India.

c. Penurunan dan jatuh: Empires di Cina dan Roma digulingkan sebagai Hun dan perantau lainnya menyerbu domain mereka. Gupta kerajaan di India juga berakhir. Namun, kekaisaran Romawi timur di Konstantinopel bertahan selama beberapa abad lebih. Setelah jatuhnya Roma, Eropa tidak pernah lagi memperoleh kesatuan politik sementara di Cina pemerintah terpusat menjadi lebih kuat.

3. The Post Periode Klasik, 500 CE untuk 1450 CE:

Dua perkembangan yang paling penting selama periode ini adalah penyebaran agama misionaris dan percepatan perdagangan trans-regional. Setelah penjajah barbar marah peradaban klasik, peradaban menyebar ke tempat-tempat seperti Rusia, Jepang, Eropa bagian barat laut, dan sub-Sahara Afrika. Kontak dagang dan pertukaran budaya meningkat.
Sebuah. Agama misionaris: Buddha, Kristen, dan Islam semua tumbuh dalam keanggotaan dan ruang lingkup pengaruh selama ini agama sebagai politeistik menurun.

b. Koneksi perdagangan: pedagang Arab di Samudera Hindia terhubung masyarakat yang terpisah dari timur tengah ke Cina. Selain barang dagangan, bursa yang terlibat item budaya seperti sistem penomoran Hindu, pembuatan kertas Cina, dan peta, dan varietas baru benih. Menjelang akhir periode ini, orang-orang Arab digantikan oleh orang Eropa dengan senjata dan ditingkatkan kapal.

c. Mongol: Sebuah kerajaan barbar baru muncul di Mongolia yang menaklukkan China, Rusia, dan Persia. Namun, kerajaan bersatu ini difasilitasi peningkatan perdagangan dan pertukaran budaya. Mongol kemudian diusir dari China dan bagian lain di Asia. Adipati dari Moskow mengakuisisi meningkat wilayah di Rusia. Turki Ottoman menaklukkan kekaisaran Romawi timur dan negeri-negeri lain di Asia barat. Eropa "ditemukan" dan dijajah Amerika.

4. Periode Modern Awal, 1450 CE 1800 CE:

Sebuah. Bursa global: Belahan Amerika dibawa ke dalam lingkup perdagangan dan pertukaran budaya, menciptakan jaringan global baru. Salah satu hasilnya adalah penipisan dari penduduk asli Amerika dengan penyakit Eropa. Namun, penyebaran sumber makanan baru akhirnya menghasilkan peningkatan besar dalam populasi.

b. Perdagangan global: pedagang Eropa dan organisasi komersial diprakarsai diperluas perdagangan emas dan perak yang ditambang di Amerika, sutra dan teh dari Cina, kain katun dari India, dan produk lainnya. Budak Afrika yang diangkut ke Amerika untuk melakukan kerja. Populasi manusia terus meningkat.

c. Empires: teknik militer baru dan organisasi memungkinkan negara-negara Eropa untuk memperoleh koloni di bagian lain dunia dan membangun kerajaan. Portugal, Spanyol, Inggris, Perancis, dan Belanda semua kerajaan kolonial didirikan. Kerajaan Muslim muncul di India dan Timur Tengah. Cina dihidupkan kembali kerajaan dinasti tradisional. Amerika Latin jatuh di bawah kekuasaan kolonial Iberia.

d. Ilmu: Sebuah revolusi dalam pengetahuan ilmiah terjadi di Eropa dimulai pada abad ke-17. yang akan menghasilkan teknologi baru. Akhirnya pengetahuan ini menyebar dari Eropa ke Amerika, Jepang, dan bagian lain dunia.

5. The Long Nineteenth Century: Revolusi Industri di Inggris dimulai periode di mana bahan bakar fosil yang diterapkan untuk manufaktur dan transportasi sangat meningkatkan kemakmuran. Mekanik pertanian diperluas produksi pangan yang berkelanjutan kenaikan lebih lanjut dalam populasi manusia. Perbaikan sementara dalam teknologi transportasi dan komunikasi membawa peningkatan kontak antara masyarakat yang tersebar di bumi. Eropa dan Amerika Utara mendominasi fase awal industrialisasi.

Sebuah. Ketidaksetaraan dalam Power: teknologi Peningkatan memberi negara-negara Eropa keunggulan militer atas orang lain, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan kerajaan kolonial mereka. Ada lonjakan imperialisme Eropa di akhir abad ke-19. Industrialisasi di Eropa terganggu industri kerajinan di negara-negara nonwestern, mengubah tempat ini menjadi penyedia bahan baku.

b. Ide revolusioner: Sejumlah revolusi politik dan sosial terjadi di abad ke-19 kemudian 18 dan awal yang menantang institusi monarki. Mereka termasuk revolusi Amerika dan Perancis serta pemberontakan di Eropa dan Amerika Latin. Sebuah semangat baru nasionalisme mengancam kekaisaran Ottoman dan kekuasaan kolonial Spanyol di Amerika Selatan. Wanita mulai menuntut persamaan hak.

c. Emancipations: Serfdom dihapuskan di Eropa pada tahun 1849. Mutasi untuk menghapuskan perbudakan berbasis ras Sementara itu menyebar di Eropa dan di Amerika Utara dan Selatan yang berpuncak dalam Perang Saudara Amerika. Imigrasi dari Eropa tersedia sumber-sumber baru kerja untuk mendukung industri.

d. Jutaan tewas dalam perang intra-Eropa yang sekarang dikenal sebagai Perang Dunia I. Hal ini mengakibatkan perubahan dinasti dan peningkatan kontrol pemerintah atas ekonomi. Perang juga mendorong gerakan kemerdekaan di negara-negara nonwestern sebagai dominasi Eropa berakhir.

6. Era Kontemporer dalam Sejarah Dunia: Meskipun kita tidak tahu bagaimana periode sejarah dunia akan berakhir, tema-tema tertentu telah muncul:
Sebuah. Tantangan ke Barat: dominasi Barat masyarakat global telah menjadi sangat terancam. Setelah Perang Dunia II, yang paling dijajah bangsa di Afrika dan Asia menerima kemerdekaan politik. Dominasi Barat industri baru-baru ini ditantang oleh Jepang, Cina, India, dan Brasil. Pemain baru telah diterima ke klub ekonomi.

b. Ledakan Penduduk: Populasi Dunia tiga kali lipat selama abad terakhir untuk mencapai 6 miliar orang pada akhir abad ke-20. Pertumbuhan tercepat telah terjadi di Afrika, Amerika Latin, dan Asia; paling lambat, di barat industri. Hal ini telah menciptakan tekanan untuk migrasi dari daerah pertumbuhan penduduk lebih cepat.

c. Global Technology: Globalisasi telah mengintensifkan sebagai teknologi transportasi dan komunikasi telah membaik. Lembaga-lembaga global baru telah dibentuk untuk meningkatkan praktek-praktek perdagangan dan meningkatkan kesehatan dunia. Hak asasi manusia juga menjadi masalah. Cina membuka ekonominya ke dunia luar pada tahun 1978 dan sistem Soviet digulingkan di Rusia pada tahun 1990, menciptakan dunia yang lebih terintegrasi.

d. Pergolakan sosial dan Politik: pemerintah monarki telah diberikan kepada rezim demokratis atau otoriter. Kelas tuan tanah telah digantikan oleh kelas bisnis. Peluang baru telah dibuka untuk wanita. Munculnya konsumerisme telah menantang agama tradisional. Sementara itu, populasi manusia terus meningkat, menempatkan tekanan pada lingkungan alam.

7. Kesimpulan: Periodisasi sangat penting untuk sejarah dunia. Beberapa perubahan yang paling penting untuk masyarakat telah menjadi revolusi pertanian dan industri, munculnya agama sebagai kekuatan budaya, dan peningkatan kontak antara masyarakat sekali-tersebar bumi.

Catatan: Dalam bab 4 ("mengelola waktu"), Peter Stearns mengidentifikasi "jenis pengukuran yang memungkinkan periode untuk didefinisikan. Beberapa dari mereka adalah: 1. "Tema yang berlaku sebelum periode baru mulai surut pentingnya atau bahkan mungkin terbalik." 2. "Jika prinsip-prinsip pengorganisasian sebelumnya memudar di pentingnya ... maka menjadi penting untuk menentukan apa Tema baru. "3. Terkadang periode baru dalam sejarah dunia dipicu oleh" event besar "seperti Perang Dunia I.

Saya akan menambahkan bahwa, berikut sejarawan paling yang termasuk dalam Asosiasi Sejarah Dunia, Peter Stearns menempel sangat penting untuk perdagangan kontak dan pertukaran budaya antara masyarakat sekali tersebar di bumi. Jalan Sutra menarik perhatian khusus. Acara puncak dari sejarah dunia akan menjadi integrasi lengkap dari rakyat dan bangsa di bumi. PBB merupakan langkah pertama dalam proses belum lengkap.

Beberapa model sejarah besar

Beberapa model yang ada dari Big Sejarah adalah sebagai berikut:

(a) David Kristen, Maps of Time: Sebuah Pengantar Big Sejarah, diterbitkan pada tahun 2004

(b) Cynthia Stokes Brown Big Sejarah: Dari Big Bang untuk Present, diterbitkan pada tahun 2007

(c) William McGaughey Sejarah dari Keberadaan Tiga, diterbitkan pada tahun 2015

 

A. Kisah desain untuk Maps David Kristen of Time: Sebuah Pengantar Big Sejarah, diterbitkan pada tahun 2004:

Daftar isi:

Pendahuluan - "sejarah besar" - melihat masa lalu pada semua rentang waktu, struktur dan organisasi, untuk dan terhadap sejarah besar,

BAGIAN I THE UNIVERSE mati

Bab 1 300.000 tahun pertama: asal-usul alam semesta, waktu, dan ruang - masalah awal, rekening ilmiah awal alam semesta, big bang: dari kekacauan primordial ke tanda-tanda pertama dari order, bukti Bang kosmologi besar, relativitas dan fisika nuklir, radiasi latar belakang kosmik, bentuk lain dari bukti, bagaimana dapat dipercaya bang kosmologi besar ?, catatan pada notasi eksponensial, ringkasan

Bab 2 Origins dari galaksi dan bintang: awal dari kompleksitas - alam semesta awal dan galaksi pertama, menagerie kosmologis: lubang hitam, quasar, dan materi gelap, kehidupan dan kematian bintang, penciptaan matahari kita, skala alam semesta, ringkasan

Bab 3 Asal dan sejarah bumi - tata surya, bumi awal: krisis dan pendinginan, bukti tentang bumi awal, asal-usul geologi modern, Wegener dan modern teori lempeng tektonik, sejarah singkat dari bumi dan atmosfer, ringkasan

BAGIAN II KEHIDUPAN DI BUMI

Bab 4 Asal-usul kehidupan dan teori evolusi - hidup: tingkat baru kerumitan, Darwin dan teori evolusi, asal-usul teori evolusi modern, bukti evolusi melalui seleksi alam, awal kehidupan di bumi, ringkasan

Bab 5 evolusi kehidupan dan biosfer - keragaman dan kompleksitas, era Arkean: usia bakteri, era Proterozoikum: bentuk-bentuk baru kompleksitas, ledakan Cambrian: dari mikrokosmos ke makrokosmos, mamalia dan primata, evolusi dan sejarah bumi: "Gaia", spesies individu dan sejarah mereka, ringkasan

BAGIAN III AWAL SEJARAH MANUSIA: WORLDS BANYAK

Bab 6 Evolusi manusia - sejarah manusia: tingkat baru kerumitan, menjelaskan penampilan manusia, bukti dan argumen: membangun kisah evolusi manusia, radiasi primata dan hominine, warisan primata, bipedalisme dan hominines pertama, penggunaan alat dan makan daging: Homo habilis, otak yang lebih besar dan rentang: Homo ergaster dan Homo erectus, homines pramanusia dari juta tahun terakhir, ringkasan

Bab 7 Pada awal dari sejarah manusia - evolusi bahasa manusia, kapan sejarah manusia dimulai ?, asal Afrika: 200.000 tahun pertama, beberapa aturan pembelajaran kolektif, lifeways paleolitik, "ekstensifikasi: migrasi dari paleolitik atas dan dampaknya, dampak manusia pada biosfer, ringkasan

BAGIAN IV Holosen: BEBERAPA WORLDS

Bab 8 Intensifikasi dan asal-usul pertanian - periode Holocene sejarah manusia, akhir zaman es terakhir, tiga dunia, apa pertanian ?, domestikasi, kronologi dan geografi domestikasi awal, asal-usul pertanian, jelas "penggerak utama "dalam revolusi neolitik, preadaptations budaya dan ekologi pengetahuan; perubahan klimaks, tekanan penduduk, dan pertukaran; pertumbuhan penduduk, intensifikasi, dan spesialisasi; perangkap sedentism, penjelasan umum untuk asal-usul pertanian ?, lifeways agraria awal, teknologi: hortikultura, tidak pertanian, masyarakat desa, hirarki atau kesetaraan ?, hubungan dengan masyarakat lain, dampak pertanian, ringkasan

Bab 9 Dari kekuasaan atas alam untuk kekuasaan atas orang: kota negara, dan "peradaban" - kompleksitas sosial, intensifikasi: cara-cara baru untuk penggalian sumber dari alam, budidaya, "revolusi produk sekunder" pergeseran, irigasi, inovasi lainnya, populasi pertumbuhan, hirarki: ketidaksetaraan muncul dalam kekayaan dan kekuasaan, bukti ketimpangan yang muncul, bentuk-bentuk baru dari kekuasaan dan kontrol: daya berdasarkan persetujuan, kota-kota besar pertama, negara pertama: daya berdasarkan paksaan, pembagian kerja; birokrasi, akuntansi, dan menulis; tentara dan perpajakan, "upeti-mengambil" masyarakat, ringkasan

Bab 10 tren panjang di era agraria "peradaban" - bentuk-bentuk baru keanekaragaman, jaringan pertukaran, tren jangka panjang, berbagai peningkatan kekuatan peradaban agraria, skala sebagai sumber inovasi, pertumbuhan penduduk, menyatakan sebagai sumber akumulasi; pertukaran, perdagangan, dan urbanisasi; tingkat inovasi, ringkasan

BAGIAN V: THE MODERN ERA: SATU DUNIA

Bab 11 Mendekati modernitas - dunia pada malam modernitas, revolusi modern, pertumbuhan penduduk, keahlian teknologi, peningkatan kekuatan politik dan militer, lifeways berubah, mode baru pemikiran, percepatan, teori modernitas, pertumbuhan penduduk dan tingkat inovasi, beberapa penggerak utama mungkin, teori demografi, teori idealis, teori komersial, teori struktur sosial, skala dan sinergi jaringan pertukaran, ringkasan

Bab 12 Globalisasi, komersialisasi, dan inovasi - siklus Malthus postclassical: sebelum abad keempat belas, komersialisasi dan dampaknya, awal yang modern siklus Malthusian: keempat belas ke abad ketujuh belas ', pola pertumbuhan dan inovasi, dampak dari komersialisasi di sungai masyarakat, topologi global yang baru: peran perubahan Eropa, topologi berubah bursa global, dampak bursa global Eropa, dunia matang untuk transformasi ?, ringkasan

Bab 13 Kelahiran dunia modern - revolusi ekonomi di Inggris, konteks sosial, pertanian, industri, revolusi politik di Perancis, revolusi kebudayaan, gelombang kedua dan ketiga, ringkasan

Bab 14 Percepatan besar abad kedua puluh - akselerasi, perubahan dalam masyarakat manusia, gelombang inovasi pada abad kedua puluh, penciptaan: kapitalisme konsumen dan lifeways baru, kontradiksi kapitalisme: ketidaksetaraan dan kemiskinan, kehancuran lifeways tradisional, kehancuran dari kerajaan sungai tradisional, konflik, perubahan dalam hubungan manusia dengan biosfer, ringkasan

BAGIAN VI: PERSPEKTIF TENTANG MASA DEPAN

Bab 15 Futures - berpikir tentang masa depan, masa depan: seratus tahun ke depan, masa depan tengah: abad berikutnya dan ribuan tahun, masa depan remote: masa depan tata surya, galaksi, dan alam semesta, ringkasan

Lampiran - teknik penanggalan, kronologis dan jadwal; membangun garis waktu modern, memahami rentang waktu yang besar, inti cerita, kronologi untuk seluruh waktu, sejarah bumi dan kehidupan di bumi, era Paleolitik sejarah manusia, era Holosen sejarah manusia, skala waktu geologi; kekacauan dan ketertiban

Bagaimana cerita terungkap:

David Christian telah menulis sejarah dari segala sesuatu di alam semesta dari perspektif manusia, tentu saja. Keenam bagian memisahkan bidang yang berbeda dari keberadaan.

Bagian I adalah tentang penciptaan alam semesta fisik. Bab pertama berfokus pada Big Bang dan segera setelah di mana materi dan energi menjadi terpisah. Bab kedua berfokus pada pembentukan bintang, yang juga melibatkan penciptaan elemen yang lebih berat. Bab ketiga berfokus pada bumi. Ini menceritakan bagaimana bumi terbentuk dari bahan sekitar matahari dan bagaimana kemudian dikembangkan kerak dan fitur geologi lainnya.

Bagian II berkaitan dengan munculnya kehidupan di bumi. Hal ini berkaitan dengan proliferasi makhluk hidup setelah organisme bersel tunggal yang paling awal bergabung dengan sel eukariotik dan organisme bersel. Teori evolusi menjelaskan bagaimana kehidupan mengembangkan ragam bentuk. Bentuk lebih besar dan lebih kompleks dari tumbuhan dan hewan yang ditambahkan ke dalam campuran spesies. Makhluk hidup yang erat terkait dengan perubahan kondisi bumi; dan bumi itu sendiri secara substansial dipengaruhi oleh keberadaan kehidupan di permukaannya.

Bagian III mempersempit pembahasan hidup spesies manusia. Bagaimana Homo sapiens berevolusi dari spesies lain? Apa langkah-langkah yang diambil terhadap kemanusiaan sebagaimana dibuktikan oleh sisa-sisa fosil. Bab keenam meliputi perkembangan fisiologis kemanusiaan dalam perjalanan evolusinya. Bab ketujuh meliputi budaya manusia primitif. Ini mencakup migrasi manusia keluar dari Afrika, perolehan keterampilan bahasa, penciptaan alat-alat batu, pola migrasi dan perdagangan, adaptasi terhadap perubahan iklim, dan dampak berburu pada spesies lain dari kehidupan.

Bagian IV adalah sejarah awal "Holocene" zaman yang dimulai sekitar 11.500 tahun yang lalu dan terus hingga saat ini. Acara utama adalah pembangunan pertanian yang intensif produksi pangan dan memungkinkan lebih banyak orang untuk hidup pada jumlah yang diberikan tanah. Hewan tertentu juga dijinakkan. Karena peningkatan produksi pangan, manusia mampu berkumpul di kota-kota. Kehidupan perkotaan mengubah sifat masyarakat. Masyarakat menjadi lebih tinggi dikelompokkan berdasarkan kelas. Orang tinggal di rumah permanen. Menulis diciptakan. Sebagai manusia ditundukkan alam melalui teknologi yang, perebutan kekuasaan intensif antara masyarakat manusia atau negara. Ada jaringan perdagangan.

Bagian V berjudul "era modern" yang, dalam dirinya sendiri, berarti sedikit kecuali bahwa era ini dekat kita sendiri dalam waktu. Subjudul "One World", menunjukkan bahwa sebagai populasi manusia tumbuh dan teknik transportasi meningkatkan, perbedaan regional di antara orang-orang yang tersebar menghilang sebagai budaya global berkembang. Apa adalah beberapa karakteristik era modern? Masyarakat yang tersebar di bumi menyadari satu sama lain melalui pelayaran eksplorasi dan perdagangan. Ideologi agama memberi jalan untuk sebuah keyakinan dalam ilmu alam. Kemajuan teknologi membawa peningkatan kesejahteraan material dan pertumbuhan penduduk tetapi membuat perang lebih mematikan. Volume informasi sangat meningkat. Daya tertarik ke arah hub pertukaran komersial. Budaya Eropa menjadi dominan. Revolusi Industri menghasilkan perubahan politik, sosial, dan budaya. Perubahan ini dipercepat pada abad ke-20. Tempat tinggal manusia terancam hidup di biosfer.

Bagian VI dikhususkan untuk prediksi masa depan. Ini dimulai dengan mengutip ketidakpastian dalam prediksi tersebut. Dalam seratus tahun ke depan, manusia dapat menghadapi tantangan lingkungan yang besar. Sumber daya alam yang digunakan lebih cepat dari mereka dapat diisi ulang. Dalam beberapa abad berikutnya, Mathusian overpopulasi dapat mengancam kelangsungan hidup spesies manusia. Kemanusiaan mungkin mencoba untuk menghuni luar angkasa. Di masa depan yang jauh, kita tahu bahwa matahari akan sangat memperluas ukuran sebagai bahan bakar nuklirnya dihabiskan. Kondisi di bumi akan menjadi sangat panas. Pada akhirnya, alam semesta itu sendiri mungkin hilang ke dalam lubang hitam.
Buku Kristen tidak diam di atas peristiwa politik. Perspektif yang tidak terbatas pada dunia barat. Seperti mentornya William McNeill dan Asosiasi Sejarah Dunia, Christian menempel sangat penting untuk kontak antara masyarakat yang berbeda di bumi melalui perdagangan, migrasi, dan pertukaran budaya. Ada kurang penekanan pada dinamika internal perubahan siklus hidup yang Toynbee dan lain-lain menyarankan drive sejarah dunia.

Kristen menemukan faktor pemersatu antara daerah yang berbeda dari pengalaman tidak hanya dalam matriks waktu dan ruang, tetapi juga dalam penentuan "kompleksitas" dan arus energi atau energi yang dikonsumsi per unit ruang. Sejarah besar menunjukkan perkembangan menuju peningkatan kompleksitas dan aliran energi bergerak dari satu tempat besar di ruang untuk tubuh manusia dan otak.

 

B. Kisah desain untuk sejarah besar Cynthia Stokes Brown, Big Sejarah: Dari Big Bang untuk Present, diterbitkan pada tahun 2007:

Daftar isi:

Bagian I Kedalaman Ruang dan Waktu

Bab 1 Memperluas ke Universe (13,8 Miliar - 4,6 Miliar Tahun Lalu) - kabut dan transparansi, sekejap galaksi, matahari / el sol / helios / die sonne, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 2 Living Earth (4,6 Miliar - 5 Juta Tahun Lalu) - sel dan proses kehidupan (3,9-2000000000 tahun yang lalu), sel-sel baru dan dua pasangan seks (1800000000-460,000,000 tahun yang lalu), tanaman dan wajah bumi (460-250000000 tahun yang lalu), hewan datang ke darat (450-65000000 tahun yang lalu), dinosaurus dengan simpanse (65-5000000 tahun yang lalu), pertanyaan yang belum terjawab

Bab 3 Munculnya Manusia: Satu Spesies (5 Juta-35.000 Tahun Lalu) - dari divergensi ke Homo erectus, keturunan Homo erectus, Homo sapiens mendiami dunia, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 4 Lanjutan Hunting dan Gathering (35,000-10,000 tahun yang lalu) - berburu dan mengumpulkan kehidupan, apa yang pemburu-pengumpul berbicara ?, laut naik, pergeseran genetik dan adaptasi, pertanyaan yang belum terjawab

Bagian II Sepuluh Ribu Tahun Hangat

Bab 5 Awal Pertanian (8000-3500 SM) - tumbuhan dan hewan masuk domestikasi, tiga kota-kota kecil, efek menetap, gigih pemburu-pengumpul dan nomaden, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 6 Awal Kota (3500-800 SM) - Sumeria, pusat-pusat perkotaan lainnya - India, Mesir, dan Cina, titik balik perkotaan, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 7 Afro-Eurasia Jaringan (800 SM-22 M) - India, Cina, Yunani, Roma; populasi, lingkungan, dan agama; pertanyaan yang belum terjawab

Bab 8 Memperluas Afro-Eurasia Jaringan (200-1000 CE) - inti pusat (200-600), Islam muncul dan China pulih (600-1000), tepi dan batas-batas jaringan Afro-Eurasia, biaya kompleksitas, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 9 Munculnya Amerika Peradaban (200-1450 CE) - manusia di tempat kejadian, pusat-pusat kota di Mesoamerika, Maya dan Aztec kerajaan, pusat-pusat kota di Amerika Selatan, sisa Amerika, Amerika dalam konteks Afro-Eurasia, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 10 Satu Afro-Eurasia (1000-1500 CE) - kebangkitan dan penyebaran Mongol; Mongol, kemudian Mings, di Cina; Mongol dan setelah itu di dunia Islam, Eropa 1000-1500, margin inti Eurasia, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 11 Menghubungkan Globe (1450-1800 CE) - wadah untuk Columbus, pertemuan pertama, pertukaran global, kerajaan besar; agama, ilmu pengetahuan, dan peperangan; pertanyaan yang belum terjawab

Bab 12 Industrialisasi (1750-2000 CE) - kekuatan borjuis, revolusi industri, imperialisme dan dunia perang 1850-1945, kepemimpinan oleh Amerika Serikat 1945-2000, pertanyaan yang belum terjawab

Bab 13 Apa Sekarang? Apa selanjutnya? - Beberapa langkah-langkah global, percobaan dengan bumi, hutan, tanah, air, radiasi, kemungkinan skenario jangka pendek, alam semesta berdiam, pertanyaan yang belum terjawab

Bagaimana cerita terungkap:

Menurut daftar isi, sejarah besar dibagi menjadi dua bagian berjudul "kedalaman ruang dan waktu" dan "sepuluh ribu tahun yang hangat", yang merupakan sejarah kemanusiaan sejak zaman Neolitik. Bagian pertama adalah rekening cukup standar dari penciptaan alam semesta, tata surya, bumi, spesies manusia, dan budaya manusia pra-sejarah, diceritakan dalam bab terpisah. Mari kita fokus pada bagian kedua.

Judul bab memberitahu apa yang penulis berpikir adalah penting untuk pengalaman manusia dalam beberapa kali. Pertanian awal dan munculnya kota, dipelihara oleh pertanian, akan menjadi peristiwa penting pada periode 8000-800 SM Setelah itu, itu semua tentang wilayah dan jaringan. Jaringan adalah hubungan antara masyarakat yang terpisah didirikan melalui perdagangan, migrasi, dan pertukaran ide. Pengembangan utama adalah bagi mereka masyarakat yang terpisah untuk bergabung di blok regional yang lebih besar dan untuk orang-orang di dunia akhirnya menjadi satu.

Cerita awalnya berfokus pada jaringan Afro-Eurasia - dengan kata lain, apa yang dulu disebut "the Old World". Dalam konteks bahwa kita memiliki sejarah India, Cina, Yunani, dan Roma dengan peningkatan populasi dan agama dunia mulai menyebar. Periode antara 200 dan 1000 AD ditandai dengan "memperluas jaringan Afro-Eurasia". Berikut penyusup nomaden menghancurkan kekaisaran Romawi barat sementara Byzantium tetap, agama Islam berakar, Jalan Sutra diisi dengan pedagang, Viking berkeliaran Eropa Utara, dan kerajaan Afrika muncul. Peristiwa besar, disediakan untuk bab berikutnya, adalah ketika orang-orang Eurasia berhubungan dengan Amerika dan mengembang jaringan. Ini melibatkan awalnya kisah pra-Columbus Amerika, Maya dan Aztec kerajaan, kerajaan di Amerika selatan, suku Indian dari Amerika Utara, dan pertukaran antara Lama dan dunia baru.

Sekarang kami telah meningkatkan integrasi budaya daerah, dimulai dengan blok Afro-Eurasia. Mongol memainkan peran kunci dalam menempatkan budaya Cina berhubungan dengan dunia Kristen dan Islam. Wabah hitam, berasal di Cina, decimates populasi Eropa. Dinasti Ming evicts Mongol, membangkitkan pemerintah tradisional Cina. Kerajaan Islam yang baru muncul di Asia barat dan Afrika. Tentara salib Kristen Barat berusaha untuk merebut kembali Tanah Suci, universitas ditetapkan, dan teknologi baru seperti pencetakan diperkenalkan.

Populasi bumi menjadi benar-benar terintegrasi dalam periode antara 1450 dan 1800 AD rute New perdagangan ditetapkan antara Eropa dan China dan antara Eropa, Afrika, dan Amerika yang melibatkan perdagangan budak. Petualang Spanyol menaklukkan Aztec dan Inca kekaisaran. Spanyol, Portugis, Belanda, Perancis, dan membangun kerajaan kolonial Inggris di Amerika. Turki Ottoman dan Safawi Persia membangun kerajaan di Asia barat daya sementara Hapsburg mendominasi Eropa. Agama didirikan menghadapi tantangan dari ilmu pengetahuan dan reformasi Protestan.

Arus sejarah utama pada periode antara 1750 dan 2000 kekhawatiran AD industrialisasi. Munculnya budaya komersial di Eropa, reformasi politik, dan perdagangan penguatan adalah awal dari perkembangan teknologi yang terjadi awalnya di Inggris sebagai kekuatan uap dimanfaatkan untuk proses manufaktur dan transportasi. Produksi industri stabil ekonomi lokal. Kapal uap dan kereta api bergerak orang dan barang lebih efisien ke tempat yang jauh. Pergeseran kekuasaan untuk industri Eropa menyebabkan tingkat persaingan antara negara-negara terkemuka; dan yang menyebabkan Perang Dunia I dan kemudian ke Perang Dunia II, kedua perang bunuh diri. Pada tahun 1940 dan 1950-an, kekuatan Barat yang mengarah diberikan kemerdekaan untuk bekas koloni mereka. Namun, masih ada perbedaan besar kekayaan.

Bab terakhir dalam buku Brown adalah tentang masa depan. Dari perspektif global, populasi manusia telah meningkat tajam karena harga makanan telah turun. Orang-orang menjadi lebih berpendidikan. Namun, ada kekhawatiran tentang melelahkan sumber daya alam bumi. Pemanasan global dapat menggoyahkan iklim. Hutan, tanah, dan sumber-sumber air bersih yang menjadi habis. Radiasi dari limbah radioaktif mengancam kesehatan masyarakat. Sementara manusia berjuang untuk memenuhi tantangan global tersebut, alam semesta yang lebih besar tetap stabil dalam hal umur panjang manusia, mungkin menawarkan pelarian dari bencana di bumi.

Semua dalam semua, buku ini mengikuti garis yang berlaku analisis sejarah dunia yang membuat kontak eksternal daripada internal yang ("siklus hidup") dinamika kekuatan pendorong di belakang perubahan sejarah. Penekanannya adalah pada lingkaran pernah lebih besar dari kontak dan komunikasi.

 

C. Desain cerita untuk William McGaughey Sejarah dari Keberadaan Tiga, diterbitkan pada tahun 2015

Daftar isi:

Bab 1 Asal kosmos - The big bang dan quark, peristiwa tiga menit pertama, cerita kosmik, usia radiasi, struktur kimia, pembentukan bintang, bintang utama-urutan, raksasa merah, bintang kerdil putih dan bintang neutron, bintang biner , pulsar, dan lubang hitam, ukuran bintang dan bobot elemental, bagaimana materi didistribusikan dalam ruang, materi gelap dan energi gelap, mengetahui peristiwa pada tingkat ini besarnya, di daerah yang lebih besar ruang, apa jenis yang diciptakan selama periode ini.

Bab 2 Bumi dan tata surya Situasi sekarang, bagaimana tata surya diciptakan, delapan planet, bagaimana bulan bumi diciptakan, pembentukan bumi, komposisi kimia bumi, kimia permukaan dan rock interior, keberadaan air , pergeseran massa tanah, supercontinents, periode pemanasan dan glaciation, dampak dari kehidupan di proses geologi, pelepasan oksigen, residu tanaman dan kehidupan hewan, kepunahan massal dan ancaman lainnya, siklus temperatur baru-baru ini, apa jenis yang diciptakan selama periode ini, susunan hadir air dan tanah di permukaan bumi.

Bab 3 Kehidupan muncul di bumi - karakteristik Life, bagaimana kehidupan mungkin telah mulai; DNA, RNA, asam amino, dan protein; sel prokariotik dan eukariotik, oksigen dan zat besi, klasifikasi biologi, geologi periode, periode pra-Kambrium, ledakan Kambrium; Ordovisium, Silur, Devon dan periode; periode Carboniferous, periode Permian dan kepunahan, periode Trias, zaman dinosaurus, periode Cretaceous, pendakian mamalia, yang terakhir tiga puluh juta tahun, apa jenis yang diciptakan selama periode ini.

Bab 4 Spesies manusia muncul - Sebuah pencarian untuk nenek moyang kita, kerabat primata kita, beberapa nenek moyang pra-manusia, nenek moyang dari periode antara 7 juta dan 4 juta tahun yang lalu, Australopithecus, Homo habilis, Homo erectus, Homo heidelbergensis, Neanderthal , Homo sapiens, asal Afrika kami, ukuran otak sebagai indikator kemampuan manusia, Homo sapiens menjadi tersebar ke bagian lain dari dunia, apa DNA mengatakan hubungan ras dan etnis, tiga ras dan berbagai etnis, perubahan dalam populasi manusia di kali sejarah, apa jenis yang diciptakan selama periode ini.

Bab 5 Awal budaya dan pemikiran manusia - tahan lama dan berpikir binasa, alat-alat batu, tombak batu-tip; pakaian, tempat tinggal, dan dekoratif ornamen; seni ekspresif, budaya paleolitik, hidup dalam masyarakat pemburu / pengumpul, budaya neolitik, sekilas kehidupan Neolitik di Eropa Barat, hewan peliharaan, awal pertanian, intervensi pemikiran manusia dalam evolusi spesies tanaman dan hewan, kedekatan agama, lisan budaya, kata-kata bahasa, cetakan tubuh ucapan manusia, bahasa di dunia, bagaimana pikir maju selama periode ini.

Bab 6 zaman pertama peradaban: pembangunan pemerintah kekaisaran - Kapan dan di mana masyarakat beradab pertama kali muncul, munculnya jenis baru komunitas, menulis ideografik, monarki, kerajaan pertama: Mesir dan Sumeria, kerajaan Mideastern dari milenium ke-2 SM , Invasi nomaden, perjuangan militer di timur tengah, munculnya Roma sebagai kekuatan dunia, letusan orang-orang Hun, kelanjutan dari kekaisaran Romawi di timur; Parthia, Kushan, dan kerajaan Sasania; India, Cina, tenggara dan timur Asia, Amerika pra-Columbus, bagaimana pikiran diajukan selama periode ini.

Bab 7 Zaman kedua peradaban: perkembangan agama dunia - Tiga tahap dalam agama, pergeseran jenis ibadah, pengenalan tulisan abjad, filsuf dan nabi Zaman Aksial, monoteisme Ikhnaton dan Musa, orang-orang Yahudi di bawah asing aturan, awal Kristen, kontroversi teologis, pengembangan gereja barat, kekuatan gereja Roma, Ortodoks Kristen, agama Persia kemudian, agama Islam, kerajaan Islam, Hindu dan agama Budha, penyebaran agama India untuk tanah luar India, agama di tenggara dan timur Asia, kecenderungan dunia lain, bagaimana pikiran diajukan selama periode ini.

Bab 8 Zaman ketiga peradaban: pengembangan perdagangan dan pendidikan - keyakinan agama Pencairan, revolusi melihat, pengenalan pencetakan, awal organisasi komersial di Eropa, protes Luther, perhubungan antara kekayaan dan seni, persaingan komersial antara negara Atlantik utara, perdagangan kolonial, munculnya mesin, persaingan perdagangan dalam era industri, industri Amerika, gerakan buruh, pendidikan universal, gaya sastra dan seni, modus baru penjualan, surat kabar sebagai kendaraan untuk menjual, menyerah pada mesin , tersingkapnya kolonialisme Barat, materialisme dan disintegrasi, bagaimana pikiran diajukan selama periode ini.

Bab 9 Zaman keempat peradaban: pengembangan berita dan hiburan - Sebuah berat terangkat dari pundak kami, hiburan sampai abad ke-20, olahraga amatir dan profesional, produksi di panggung Broadway, musik rasial gaya, teknologi komunikasi mengubah hiburan, bagaimana teknologi rekaman suara dikembangkan, rekaman musik, bagaimana teknologi gerak gambar dikembangkan, sejarah singkat dari film, bagaimana teknologi penyiaran radio dikembangkan, sejarah singkat dari siaran radio, bagaimana teknologi siaran televisi dikembangkan , sejarah singkat dari industri televisi, siaran olahraga, perjudian, narrowcasting, hiburan yang dihasilkan komputer, hiburan pergi internasional, bagaimana pikiran diajukan selama periode ini.

Bab 10 The zaman pertama peradaban: perkembangan komputer - Hari-hari awal, komputer mainframe, Silicon Valley, mikrokomputer, Microsoft dan bisnis perangkat lunak, pindah ke jaringan komputer, CompuServe dan The Source, jaringan komputer lain, asal-usul America OnLine ( AOL), pindah ke model baru dari layanan, internet, web browser dan mesin pencari, turn-of-the-milenium kegembiraan, Google dan Yahoo !, situs berat-diperdagangkan lainnya, perangkat nirkabel, produksi pengetahuan, rekan Watson dan, sejarah merusak bola, bagaimana pikiran diajukan selama periode ini.

Bab 11 Cerdas kehidupan mesin - Membayangkan seorang manusia buatan, bergerak pertama menuju kecerdasan buatan, bagaimana studi Artificial Intelligence mulai, menempatkan pengetahuan ini untuk bekerja, Ray Kurzweil: Nabi Artificial Intelligence, tiga pendekatan untuk kognisi manusia, reverse engineering otak, robot, robot berukuran nano, akan bertahan robot manusia ?, ada jaminan bahwa manusia akan membuat keputusan yang tepat, robot untuk menyelamatkan, bagaimana pikiran dapat maju selama periode ini.

Lampiran: grafis tambahan dan meja, Diagram membedakan lembaga, sejarah besar dan lima zaman peradaban, bagaimana keberadaan tiga ada, skema alternatif ambang batas dan titik balik sejarah

Bagaimana cerita terungkap:

Ini "Big History" buku bercerita tentang tiga jenis makhluk - materi, kehidupan, dan pemikiran - yang masing-masing diciptakan dan dikembangkan untuk menghasilkan dunia kita sekarang. Materi yang lebih dulu. Kehidupan tumbuh keluar dari itu. Kemudian pikiran tumbuh dari kehidupan. Cerita gabungan mereka diceritakan dalam di sebelas bab sebagai tiga jenis makhluk berturut-turut muncul.

Dua bab pertama menceritakan bagaimana materi lahir dan berkembang. Sebenarnya, cerita lengkap diceritakan dalam bab pertama. Yang kedua berkaitan dengan pengembangan sebagian kecil dari alam semesta material - tata surya dan bumi. Kami sangat tertarik bumi karena itu adalah rumah kami dan karena jenis berikutnya makhluk - berpikir - muncul secara eksklusif di bumi.

Bab tiga dan empat menceritakan kisah kehidupan. Cerita lengkap ditemukan di bab tiga. Bab empat menceritakan bagaimana spesies manusia berkembang. Jadi, sekali lagi, bab ini menyangkut bagian dari semua makhluk hidup. Kami sangat tertarik pada Homo sapiens karena kita dan karena kita adalah sumber eksklusif pemikiran.

Bab lima, berkaitan dengan budaya prasejarah, adalah semacam hibrida antara hidup dan pikiran. Kemanusiaan yang muncul dari keadaan liar untuk menghasilkan artefak, praktek, dan lembaga-lembaga yang diciptakan oleh pikiran dan akan mendukung peradaban nanti. Ini termasuk pakaian, pertanian, dan bahasa lisan, serta jenis dasar pengetahuan.

Kisah pemikiran sendiri diceritakan dalam bab enam sampai sepuluh. Ini adalah periode sejarah yang beradab. Oleh "pikiran", kita berarti pemikiran manusia kolektif yang mengarah ke karya tulis dan sistem pengetahuan daripada pemikiran individu.

Cerita-cerita di bab enam sampai sepuluh mengikuti skema sejarah dikembangkan dalam buku sebelumnya, Lima zaman Peradaban. Sejarah dunia dibagi menjadi lima periode atau zaman yang masing-masing terkait dengan sebuah peradaban. Peradaban pertama menggambarkan periode antara 3000 SM ketika masyarakat beradab muncul di Mesir dan Mesopotamia dan waktu Kristus. Peradaban kedua menjelaskan periode antara waktu Kristus dan 1500 AD ketika Reformasi Protestan berlangsung. Peradaban ketiga menggambarkan periode antara 1500 dan 1920 AD AD, setelah Perang Dunia I. peradaban keempat menggambarkan periode antara 1920 dan 2000 AD AD ketika Internet berangkat. Peradaban kelima yang dimulai pada abad ke-21 adalah usia yang masih berkembang didominasi oleh teknologi komputer.

Teknologi komunikasi memainkan peran kunci dalam membentuk peradaban berturut-turut. Setiap peradaban dimulai dengan sebuah teknologi baru yang menjadi mekanisme yang dominan dari komunikasi publik selama zaman tersebut. Dan, peradaban pertama dikaitkan dengan menulis, bentuk ideografik yang primitif; peradaban kedua, dengan tulisan abjad; peradaban ketiga, dengan pencetakan; peradaban keempat, dengan rekaman elektronik dan penyiaran; dan peradaban kelima, dengan komunikasi berbasis komputer seperti Internet.

Setiap jenis teknologi komunikasi mendorong pengembangan lembaga tertentu. Untuk peradaban pertama, adalah lembaga pemerintah; untuk peradaban kedua, agama dunia; untuk peradaban ketiga, perdagangan dan pendidikan sekuler; untuk peradaban keempat, berita dan industri hiburan; dan, untuk peradaban kelima, internet dan lembaga lainnya mungkin. Lembaga-lembaga yang berurutan masing-masing menjalankan kekuasaan di masyarakat. Meskipun salah satu yang terbaru adalah dominan, mereka bekerja dalam kombinasi dengan satu sama lain untuk menghasilkan masyarakat yang semakin pluralistik. Sejarah setiap zaman menggambarkan perebutan kekuasaan dan kegiatan lainnya yang melibatkan berbagai lembaga.

Pasal sebelas merupakan upaya untuk membedakan sejarah masa. Ini berfokus pada kecerdasan buatan dan robotika dan juga bentrokan antara populasi manusia dan lingkungan bumi. Berpikir di sini menjadi mekanik.

Pendekatan ini sejarah besar rekan kemajuan pemikiran dengan peristiwa sejarah dan perkembangan dalam masyarakat manusia. Di satu sisi, teknologi komunikasi adalah perangkat untuk mengirimkan pemikiran manusia. Di sisi lain, pikir sendiri berkembang dalam konteks peristiwa yang terjadi dalam masyarakat manusia. Jadi fokusnya adalah pada pengembangan masyarakat bukan pada tindakan kreatif individu yang mengembangkan jenis baru dari pikiran. Pemikiran kolektif adalah kepentingan utama kami; dan yang tergantung pada perkembangan masyarakat manusia.

Periode sejarah dunia - antara 3000 SM dan saat ini - memiliki dua segmen utama sehubungan dengan perkembangan pemikiran. Segmen pertama, terdiri dari dua yang pertama peradaban, difokuskan pada naskah tertulis. Pengetahuan dinyatakan dalam bentuk seperti itu. Segmen kedua, terdiri dari peradaban ketiga dan keempat, mengungkapkan berpikir lebih dalam bentuk mesin. Bab-bab kesepuluh dan kesebelas berfokus pada "mesin berpikir" - komputer dan robot - yang bersaing dengan otak dan tubuh manusia. Mereka juga dapat mendominasi peradaban masa depan kita.

Singkatnya, skema Big Sejarah terkandung dalam Sejarah Keberadaan Tiga berikut script standar sehubungan dengan cerita materi dan hidup tetapi mengambil pendekatan yang berbeda dari kebanyakan ketika datang ke peradaban manusia. Hal ini tidak peduli dengan peristiwa politik, kondisi hidup material, dan sejenisnya, melainkan dengan kemajuan pemikiran sebagai jenis yang seperti sejarah manusia terungkap.

 

--- kembali ke: halaman utama ---

Klik untuk terjemahan menjadi:

Inggris - Perancis - Spanyol - Jerman - Portugis - Italia  

disederhanakan Cina - Turki - Polandia - Belanda - Rusia       

 

CHAK CIPTA 2015 PUBLIKASI THISTLEROSE - ALL RIGHTS RESERVED
http://www.bighistorysite.com/modelsh.html